Jumat, November 21, 2008

Jatuh Cinta (Sebuah Dugaan)

Oleh: Syarif Istifham

Terus terang, pada mulanya saya tidak mengerti kenapa setiap orang, ketika mereka sedang menyukai seseorang dari lawan jenis mereka, mereka menyebutnya dengan istilah "Jatuh Cinta". Biasanya istilah ini digunakan ketika seseorang "tiba-tiba suka" dengan lawan jenisnya. Misalnya, saya melihat cewek cantik di jalan, lalu saya suka dengan cewek itu, secara langsung/pada saat itu juga. Contoh yang seperti ini biasanya disebut dengan "Jatuh Cinta, Pada Pandangan Pertama".

Ada lagi contoh "Jatuh Cinta" yang lain, misalnya begini; awalnya saya tidak suka dengan cewek yang cerewet, akan tetapi setelah sekian lama saya bergaul dengan banyak cewek yang cerewet, akhirnya saya suka dengan cewek yang cerewet. Nah, biasanya "Jatuh Cinta" yang semacam ini disebut dengan, kalau orang jawa bilang "Witing tresno, amargo seko kulino", Permulaan cinta adalah karena kebiasaan.

Entah siapa yang pertama kali mengucapkan dua kata itu (baca, jatuh cinta ), saya sama sekali tidak tahu. Apa sih kaitanya kata "Jatuh" dengan kata "Cinta", saya juga tak faham. Kemudian saya mencoba mencari tahu tentang sebab-sebab munculnya istilah "Jatuh Cinta". Pada akhirnya, saya justru menemukan jawabannya bukan dari referensi-referensi bahasa indonesia, akan tetapi dari referensi bahasa arab. Dimana dalam bahasa arab, ternyata "Jatuh" dan "Cinta" itu memang bersaudara. Mereka berdua lahir dari satu susunan huruf yaitu, Ha-Wa-Ya.

Jelasnya begini, ada dua fi'il madli (kk. past tense) yang sama-sama terbentuk dari urutan huruf di atas. Yaitu, pertama: Hawa -Yahwi yang artinya; As-suquth, jatuh. Dan yang kedua: Hawiya - Yahwa yang artinya; Al-hubb, cinta. Jadi, hubungan antara kata "Jatuh" dan "Cinta" adalah saudara se-ibu yaitu; Ha-Wa-Yaред Maka, Oleh karena itulah, saya mempunyai "dugaan" bahwa, jangan-jangan manusia yang pertama kali mengucapkan "Jatuh Cinta" adalah orang arab. Kenapa? ya karena itu tadi. Wallahu A'lam Bi Ash-shawab....!!! Hahahaha.....

Kairo, jum'at pagi, 21 Nov 2008

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Apa komentarmu...??

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda