Selasa, Januari 08, 2008

ISLAM, MUSLIM, DAN INDONESIA


Oleh: Syarif Istifham

Mas, saya takut. sekarang banyak sekali terjadi dimana-mana kerusuhan dan pertikaian. Bahkan diantara sesama muslim saling terjadi perbedaan yang berujung pada kebencian antara satu dengan yang lain. Saya takut kalau sampai hal tersebuat membuat Tuhan kita marah. Karena bosan dengan ulah mereka. Dan saya pikir kekhawatiran sekarang sudah mulai terlihat di depan mata kita. Buktinya dimana-mana terjadi banyak musibah, entah itu banjir, tanah longsor, gempa, dan yang paling mengerihkan adalah banjir darah. Ironisnya, banjir darah tersebut ditimbulkan hanya karena salah dalam memahami dan menafsiri teks-teks Al-qur’an.

Tapi, kalau saya renungi kembali masa Tuhan marah sih? Katanya tidak ada yang bisa mengurangi atau menambah keagunganNYA, baik maksiat ataupun taat. Entah lah…!!! Hanya ada satu kata yang bisa menjawab itu semua, yaitu “Wallahu a’lam bissawab”. Dan saya hanya ada satu puisi buat kita semua:

“Islam adalah agama yang damai
Bukan malah mengajak bertikai
Islam adalah agama yang rahmah
Bukan malah membuat resah

Muslim adalah makhluk termulia
Tidak tercipta untuk sia-sia
Muslim adalah penebar cinta sejati
Tidak diperintah untuk menyakiti

Indonesia adalah Negara yang bineka
Percaya pada tuhan yang Esa
Indonesia adalah negri yang makmur sentosa
Jika peghuninya berakhlak dan bertaqwa

Islam bukanlah agama yang kasar dan kaku
Siapa saja bisa seenaknya mengaku-ngaku
Muslim bukanlah NU, MUHAMMADIYAH, atau yang lain
Siapapun bisa mennyalahkan atau mengkafirkan yang lain
Indonesia bukanlah milikku, milikmu, ataupun miliknya
Siapa saja bisa menghukumi Indonesia adalah miliknya.”

Puisi ini saya peruntukan buat seluruh muslim yang ada di negri tercinta Indonesia. Dengan satu harapan semoga kita saling menyadari bahwa sejatinya kita adalah satu, satu perasaan cinta dan cita-cita. Bersama kita buktikan islam yang ramah, islam yang penuh kasih sayang. Sebagaimana yang telah telah dicontohkan Nabi kita shalatullah wasalaamuhu ‘alaih. Biar seluruh dunia tahu, bahwa agama kita adalah agama yang terbaik yang pernah ada di bumi. Marilah kita lepaskan baju perbedaan diantara kita, karena “al-musim ma’a ikhwatihi kal jasadil wahid au kaasnanil musythi”. “muslim diantara saudara-saudarnya adalah bak satu tubuh, atau bak gigi-gigi sisir”.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Apa komentarmu...??

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda